Mutasi Besar-besaran Menyasar Irwasda

PALEMBANG, SIMBURNEWS – Meningkatkan kualitas kinerja organisasi dan memaksimalkan ‘bersih-bersih’ institusi, sekitar 113 perwira polisi terkena mutasi. Mutasi besar-besaran Polri pada awal 2018 dilakukan sesuai Kapolri Nomor ST/16/I/2018 tanggal 5 Januari 2018 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Di lingkungan Polda Sumsel, satu perwira yang terkena mutasi yakni Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda), Kombes Pol Drs Achmad Nurda Alamsyah. Jabatan Irwasda Polda Sumsel kini diisi oleh Kombes Pol Drs Agus Riansyah yang sebelumnya menjabat Irbidjemensdm II Itwil I Itwasum Polri.

Dengan serah terima pejabat baru, bukan berarti pejabat lama tidak bekerja dengan baik, namun diharapkan agar pejabat baru dapat segera meningkatkan hasil kinerja sebelumnya dan menambal kekurangan yang ada. Di sela sambutan, Kapolda menginformasikan kepada seluruh jajaran yang hadir bahwa dalam tubuh kepolisian ada yang disebut dengan ‘ajudan sakti’. Dirinya juga mengingatkan seluruh personel agar selalu bekerja dengan maksimal dan penuh disiplin serta tanggung jawab.

“Kalau Kombes Pol Drs Achmad Nurda Alamsyah itu adik asuh Wakapolda, sedangkan Kombes Pol Drs Agus Riansyah. Kami ada yang namanya ‘ajudan sakti,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Kapolda memastikan jika serah terima jabatan di lingkungan Polri merupakan langkah strategis dalam memelihara dinamika dan meningkatkan kualitas kinerja serta organisasi, instansi dalam menghadapi tantangan, tugas dan dinamika perkembangan lingkungan strategis serta menjawab apa yang menjadi harapan dan keinginan masyarakat.

“Sebagaimana yang dipahami, fungsi pengawasan yang diemban oleh Irwasda Polda Sumatera Selatan (Sumsel) mempunyai peranan yang amat penting. Karena pengawasan terhadap satuan kerja dan satuan kewilayahan yang menyelenggarakan pengawasan, pemerintahan umum dan perbendaharaan di lingkungan Polda Sumsel dan jajarannya. Guna mendukung keberhasilan instansi Polri yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) serta efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” ucapnya.

Untuk itu lanjut Kapolda, kepada pejabat yang baru saja dilantik, saya mengharapkan apa yang sudah dikerjakan oleh pejabat lama kiranya untuk dapat dipertahankan dan bahkan lebih ditingkatkan. “Peran Irwasda selama ini sudah memberikan kontribusi yang baik terhadap kemajuan organisasi Polri khususnya Polda Sumsel dalam menyelenggarakan tugas pengawasan internal,” ujarnya. Selain tugas pokoknya tambah Kapolda, Irwasda juga mengemban tugas sebagai ketua pelaksana Satgas Saber Pungli Provinsi Sumsel, dimana dalam pelaksanaannya sepanjang tahun 2017 telah menangani sebanyak 91 kasus pungli dengan tersangka sebanyak 171 orang.

“Saat ini, kita menempati peringkat delapan nasional dalam penanganan kasus pungli di Sumsel. Oleh karena itu, tidaklah berlebih apabila saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar–besarnya kepada Kombes Pol Drs. Achmad Nurda Alamsyah, atas dedikasi, sumbangsih dan kontribusi yang telah diberikan kepada institusi Polri khususnya Polda Sumsel,” ujarnya.

Dilanjutkan Kapolda, untuk Pejabat Irwasda yang baru Kombes Pol Drs Agus Riansyah dirinya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung, bekerja di polda sumsel. Segera menyesuaikan diri dan memprioritaskan pada pelaksanaan tugas Irwasda Polda Sumsel. “Saya yakin dan percaya dengan kemampuan, pengalaman dan latar belakang pendidikan yang dimiliki akan mampu dalam mengemban tugas dengan baik,” pungkasnya. (mrf)

Share This: