Optimalisasikan Lahan Rawa, Capai Swasembada Pangan

PALEMBANG, SIMBUR – Tim Serasi (Selamatkan Rawa Sejahterahkan Petani) dari Mabes Angkatan Darat bersama Kementerian Pertanian RI menyambangi dua daerah di Sumatera Selatan, yakni Musi Rawas Utara dan Banyuasin

Komandan Kodim 0406/Musirawas Letkol Inf M. A’an Setiawan SSos MIPol bersama Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) kembali turun ke lapangan. Kunjungan berlangsung di Desa Bingin Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara, Minggu (12/5).

Kedatangan Tim Serasi yang dipimpin Kolonel Inf Boni Christian Pardede, S.E. tersebut dalam rangka meninjau lokasi optimalisasi lahan rawa di wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara. Dandim 0406/Mura Letkol Inf M. A’an Setiawan, SSos MIPol mengatakan, tim Serasi Pertanian Mabesad beserta Kementerian Pertanian RI meninjau kembali lahan milik warga yang akan dijadikan percontohan lahan Serasi. Terkait program itu Dandim beserta tim langsung komunikasi dengan warga perihal pembuatan lahan pertanian yang nantinya dapat bermanfaat untuk masyarakat

Dandim 0406/Mura juga meminta bahwa lokasi wilayah yang memiliki potensi untuk menjadi lahan percontohan pertanaian Serasi masih sangat perlu perhatian alasan laporan pemberkasan belum ada dan program pekerjaan pun masih belum dipastikan. Ia juga berharap terlaksana pengadaan peralatan dan alat untuk bekerja harus tersedia  sehingga pencapaian kerja target bisa tercapai.

“Kami siap membantu warga dan bekerjasama mengoptimalkan lahan pertanian, Danramil dan Babinsa pendampingan kegiatan dilapangan dimana yang wilayahnya masuk program kegiatan Serasi beserta Penyuluh Pertanian, Poktan dan Gapoktan,” terangnya.

Lanjut Dandim, kegiatan ini untuk mengawasi dan menggerakkan masyarakat agar lebih giat dalam mengelola lahan. Kalau tadinya panen sekali dalam setahun dengan adanya kegiatan Serasi ini mudah-mudahan meningkat menjadi 2 sampai 3 kali panan dalam setahun. Dengan begitu, program Swasembada Pangan tercapai sesuai program pemerintah saat ini, “tuturnya.

Sementara itu, Tim Serasi Pertanian Mabes TNI AD Kolonel Inf Boni Christian Pardede, S.E. dalam penjelasan mengatakan “Bahwa kami Tim akan memberikan masukan dan penjelasan serta melaporkan ke pimpinan terkait usulan dan permintaan masyarakat hal-hal menjadi perhatiannya lahan potensial dikembangkan tinggal warga dan kelompok tani saja,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kolonel Inf Heldi Wira dan Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana G, S.I.P. dari Mabesad, Agung Ardianto (Analis Perlindungan Lahan) dan Herry Yoan Edison (Analis Pembukaan Lahan) dari Kementrian Pertanian RI.  serta rombongan dari Kadistan Kabupaten Muratara.

Sebelumnya, tim Serasi Mabesad dan Kementan RI dipimpin Brigjen TNI Steverly. C.P. mengunjungi wilayah Banyuasin. Kunjungan tim didampungi Komandan Kodim 0430/Banyuasin Letkol Arh Alfian Amran, S.T., M.T. bersama Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Banyuasin Jaenudin.

Kedatangan Tim Serasi ke Desa Telang Makmur Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin pada Sabtu (11/5) siang tersebut dalam rangka dalam rangka meninjau lokasi optimalisasi lahan rawa di wilayah Sumatera Selatan khususnya di Kabupaten Banyuasin.

Dalam kegiatan tersebut Dandim0430/Banyuasin Letkol Arh Alfian Amran, S.T., M.T. mengatakan Tim Serasi ini datang ke Banyuasin dalam rangka meninjau lahan rawa yang akan di jadikan percontohan lahan Serasi guna mendukung program swasembada pangan pemerintah.

“Kami siap membantu dan bekerjasama mengoptimalkan lahan pertanian, Danramil dan Babinsa pendampingan kegiatan dilapangan dimana yang wilayahnya masuk program kegiatan Serasi beserta Penyuluh Pertanian, Poktan dan Gapoktan”, terang Dandim.

Sementara itu, Ketua Tim Serasi Mabesad Brigjen TNI Steverly. C.P. dalam penjelasan mengatakan,  pihaknya datang untuk melihat langsung lahan rawa yang akan dikembangkan menjadi lahan pertanian. Di samping akan memberikan masukan dan penjelasan serta melaporkan ke pimpinan terkait hasil tinjauan ini. Mudah-mudahan ini dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat mensejahterakan masyarakat di wilayah Banyuasin ini khususnya,” terangnya.

Rombongan tim Serasi lainnya yaitu Kolonel Inf Boni Christian Pardede, S.E., Kolonel Inf Heldi Wira, Kolonel Arh Imade Kusuma dan Ir Indah Megawati dari Kementan RI serta didampingi pejabat dari Kodam II/Swj Pabandya Wanwil Sterdam II/Swj dan Pasi Wanwil Ster Korem 044/Gapo, Dandim 0430/Banyuasin Letkol Arh Alfian Amran, S.T., M.T., Danramil 430-02/Sungsang Kapten Czi Muhammad Rusli beserta para babinsa, Bpk Ivantria (Kadistan Prov. Sumsel), Kadistan Kab. Banyuasin Bpk Jainudin dan Kades Telang Rejo Bpk Hendri.(kbs/rel)