Pertama Kali sebagai Gubernur Sumsel, Pimpin Upacara HUT Ke-74 RI dengan Khidmat dan Sempurna

PALEMBANG – Suasana khidmat menyelimuti istana Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) saat upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. Upacara digelar di halaman Griya Agung, Sabtu (17/8).

Semangat Gubernur Sumsel, Herman Deru yang didaulat sebagai inspektur upacara (irup), juga menular ke segenap peserta, pasukan serta para undangan yang hadir. Untuk pertama kalinya sebagai Gubernur Sumsel, Herman Deru memimpin upacara HUT RI.

Diawali dengan derap 50  pemuda dan pemudi terbaik Sumsel yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Herman Deru dengan mantap menyerahkan sang Merah Putih kepada pembawa baki yang kali ini berasal dari Pagaralam. Usai sang Merah Putih berkibar, tampak suasana menjadi haru. Betapa tidak, selain menjadi Irup perdana bagi sang Gubernur, upacara berjalan pun sempurna, walau terik matahari sedikit menyengat.

Usai upacara, Herman Deru mengajak seluruh pihak untuk menikmati dan merayakan hari kemerdekaan yang dinilai tidak mudah diraih. “Untuk jadi inspektur upacara (Irup) sebagai Gubernur, alhamdulillah baru perdana tetapi terlalui dengan sempurna baik dari pasukan, pengibar bendera, pasukan, dan juga para pemimpinnya semuanya hadir,” ungkap Herman Deru bangga.

Tetapi, lanjut Gubernur, apa yang telah dilakukan hari itu, bukanlah sebuah seremonial, namun bentuk rasa syukur dan terimakasih. “Ini bukan sekadar seremonial melainkan ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan dan terima kasih kita kepada para pahlawan yang telah mempersembahkan kemerdekaan kepada kita,” ujarnya mengingatkan.

Menurutnya, apa yang sudah dilakukan belum apa-apa jika dibandingkan dengan segala bentuk pengorbanan para pahlawan yang dengan gigih maju ke medan laga merebut kemerdekaan. “Mereka mengorbankan jiwa, raga, harta benda, sedangkan kita (baru) hanya menyumbang tenaga dan pikiran saja. Kenapa kita tidak harus berbuat maksimal. Ayo berbuat,” pungkasnya.

Pada upacara detik-detik kemerdekaan RI ke 74 di Griya Agung kali ini, Herman Deru bertindak selaku inspektur upacara, Ajun Kombes Pol Teguh Hardiyo Wibisono selaku perwira upacara, Ajun Kombes Pol Sonny Triyanto selaku komandan upacara, Lettu Aditya Herba Desyardo selaku komandan kompi Paskibraka, dan Inspektur Polisi Dua Suwarsono selaku komandan peleton pasukan 45.

Selanjutnya, Agun Saputra selaku komandan Paskibraka, Ivo Trisia selaku pembawa baki, dan sebagai pengibar bendera antara lain M Tito Trinaldy, Bima Fajar Prasetya Utama, dan Rafdi Toriq Akbar.

Sejumlah pejabat tampak hadir dalam moment isimewa tersebut. Di antaranya Wakil Gubernur Sumsel H.Mawardi Yahya, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan SIP, Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli,  Ketua DPRD Provinsi Sumsel HM.Aliandra Gantada,  Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel Kartika Sandra Desi, Kajati Sumsel Dr Sugeng Purnomo SH.MHum, Ketua Pengadilan Tinggi Palembang, H.Soedarmadji, Sekda Sumsel Nasrun Umar, Danlanal Palembang Letkol Laut (p) Saryanto,  Pimpinan Bank Indonesia (BI)  Perwakilan Palembang, Yunita Resmi Sari, Walikota Palembang periode 2003-2013 H.Husni dan unsur kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel.

Tak ketinggalan turut hadir Ketua TP PKK Sumsel Hj Feby Deru, Wakil Ketua TP PKK Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya, Ketua DWP Provinsi Sumsel Hj Reny Nasrun, Ketua Persit Sumsel, Ketua Bhayangkari Sumsel. Tak hanya itu tampak hadir juga anak, menantu serta cucu dari  Gubernur Sumsel dan Wakil Gubernur Sumsel.

Rangkaian peringatan hari kemerdekaan RI ke-74 di Sumsel sendiri sudah digelar sejak Kamis (15/8) kemarin berupa penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI melalui Gubernur Sumsel kepada 329 ASN yang telah mengabdi 10, 20 dan 30 tahun di lingkungan Pemprov Sumsel. Dilanjutkan dengan pengukuhan 50 pemuda-pemudi terbaik Sumsel sebagai yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Gubernur Sumsel H.Herman Deru. Pengukuhan digelar dengan sakral dan khidmat di Griya Agung, (15/8) sore.

Rangkaian berlanjut di hari Jumat (16/8) pagi dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Joko Widodo dalam Rangka HUT RI ke-74 tahun 2019 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumsel, Jumat (16/8). Pada kesempatan ini Gubernur mengaku bangga bahwa visi yang disampaikan Presiden dalam pidatonyo sangat selaras dengan visi yang diusung HDMY.

Pada malam harinya (16/8) rangkaian HUT ke-74 RI dilanjutkan dengan upacara Kehormatan dan  Malam Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Ksatria Kestra Siguntang. Renungan suci ini meupakan perdana bagi Gubernur Sumsel H Herman Deru sejak dilantik Presiden akhir tahun lalu.(adv)

Share This: