Harus Lebih Progresif dan Modern

PALEMBANG, SIMBUR – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palembang menggelar Konferta VII. Konferensi sekaligus pemilihan ketua dan sekretaris periode 2019-2022 itu berlangsung di Hotel 1O1 Palembang, Senin (21/10). Pasangan Prawira Maulana (Tribun Sumsel) dan pasangannya, Reno Saputra (urban.id) terpilih memimpin AJI Palembang tiga tahun ke depan.

Memajukan AJI Palembang, Wira dan Reno menginginkan sebuah lembaga profesi pers  yang lebih progresif dan modern. “AJI Palembang progresif dan modern menjadi visi besar kami berdua dalam tiga tahun ke depan. Di samping itu secara garis besar, ada tiga misi yang tentunya akan diejawantahkan bersama anggota AJI Palembang lainnya. Meningkatkan keandalan anggota, memperkuat reputasi AJI Palembang, dan memberikan solusi isu-isu yang berhubungan dengan perkara jurnalisme dan kegiatan jurnalistik anggota,” ujarnya dalam pidato pertamanya.

Selain itu, Wira dan Rano memastikan bahwa Kota Palembang siap menjadi tuan rumah Festival Media (Fesmed) AJI se-Indonesia 2020 mendatang. “Terima kasih kepada teman-teman yang telah mempercayai amanah ini. Sama-sama menjadikan AJI Palembang lebih sejahtera lagi,” ujarnya.

Sementara, ketua AJI demisioner, Ibrahim Arsyad berharap agar dalam kepengurusan berikutnya semua anggota AJI Palembang lebih aktif. Mengingat, tantangan AJI pasti akan lebih besar. “Selain membawa organisasi jauh lebih baik lagi, juga terus memperjuangkan kemerdekaan pers serta kebebasan berpendapat dan berekspresi. Tantangan di era disrupsi begitu besar sehingga organisasi dituntut untuk dapat menyikapinya dengan baik,” singkatnya.

Dalam agenda tiga tahunan AJI tersebut, ada tiga pasang calon yaitu Prawira Maulana (Tribun Sumsel) dan pasangannya, Reno Saputra (urban.id), Tasmalinda (Gatra) berpasangan dengan Aji YK Putra (kompas.com), dan Irfan (Simbur Sumatera) berpasangan dengan Rhama Purnajati (harian Kompas).

Selanjutnya, momen yang sama, AJI Palembang juga melaksanakan pemilihan Majelis Pengurus Organisasi (MPO) untuk pertama kalinya. Dalam hal ini dari empat calon terpilih tiga orang yang menjadi MPO yakni Nila Ertina (Media Sriwijaya), Sierra Saylendra (britabrita.com)  dan Andhiko TA (suara.com). (dfn)

Share This: