Jadi Venue Piala Dunia U-20, JSC Punya Wajah Baru

PALEMBANG, SIMBUR – Indonesia telah resmi menjadi tuan rumah piala dunia U-20 tahun 2021, usai menyiingkirkan tujuh negara pesaing, yakni Bahrain, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (tuan rumah bersama), Myanmar dan Thailand (tuan rumah bersama), Brasil serta Peru. Untuk event tersebut, Indonesia menyiapkan 10 stadion untuk menjadi venue pertandingan termasuk stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang.

Direktur Utama (Dirut) PT Jakabaring Sport City (JSC), Meina Fatriani Paloh memastikan kesiapan pihaknya untuk menyambut kesempatan langka tersebut. bahkan diisyaratkan, kemungkinan besar GSJ akan memiliki wajah baru. “JSC sangat siap karena sudah beberapa kali menghadirkan event-event internasional. Saya sangat optimis sekali karena stadion kita (GSJ) itu sudah berstandar internasional, dan Asian Games pun sempat dipakai untuk sepakbola putri. Jadi untuk standardisasinya itu sudah ada, tinggal pembenahan lagi karena venue itu akan lebih dibuat modern lagi,” ungkapnya saat dikonfirmasi Simbur, Kamis (24/10).

Ditanya soal spesifikasi pembenahan yang akan dilakukan di GSJ, Meina memberi contoh stadion Gelora Bung Karno dan stadion Manahan Solo yang sudah direnovasi. “Jadi akan lebih dimodernisasi. Maksudnya mungkin juga ada standar-standar dari FIFA, dan jika menjadi tuan rumah harus mengikuti standar itu. semoga itu semua bisa terealisasi, wajah baru itu pun semoga akan terealisasi semua,” harapnya.

Dilanjutkan, dalam waktu dekat pihak JSC akan berkordinasi dan bertemu dengan Gubernur Sumsel, begitu juga dengan pihak PSSI tentang venue, perbaikan, fasilitas-fasilitas yang lebih mumpuni untuk piala dunia. “Belum tahu (waktunya). Jadi kami akan berkordinasi dulu untuk bisa silaturahmi dengan gubernur sekalian membicarakan soal piala dunia itu,” pungkasnya.

Diketahui, dalam proses bidding Piala Dunia U-20, Indonesia mendaftarkan 10 stadion yang akan dijadikan venue event tersebut. Kesepuluhnya adalah Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor, Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Manahan di Solo, Stadion Mandala Krida di Yogyakarta. Selanjutnya, Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar Bali, Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, Stadion Wibawa Mukti di Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring di Palembang. (dfn)

Share This: