Konsorsium Prodi Universitas Bina Darma Diapresiasi Tujuh Negara

# Kembangkan International PR Branding

PALEMBANG, SIMBUR – Mahasiswa dan dosen Universitas Bina Darma (UBD) Palembang berkolaborasi dalam sebuah konsorsium untuk mengembangkan bidang ilmu, meliputi Pendidikan Bahasa Indonesia, Ilmu Komunikasi, Ilmu Komputer, serta Ekonomi dan Bisnis. Konsorsium tersebut dikemas melalui Pekan Raya Bahasa, Ekonomi, Komunikasi, dan Informatika (Prasasti). Kegiatan tersebut juga mencakup event mahasiswa, yakni Public Relations, Information, and Media (Prime) Week 2019.

Konsorsium tersebut bakal digelar pada 11-12 Desember mendatang di Aula Prof Bochari Rachman Kampus Utama Universitas Bina Darma (UBD) Palembang. Event tersebut juga melibatkan mahasiswa dari tujuh negara yang kuliah di Universitas Bina Darma Palembang dalam Lomba Pidato Bahasa Indonesia Internasional. Tujuh negara tersebut yakni Kosta Rica, Timor Leste, Turkmenistan, India, Meksiko, Taiwan, dan Korea Selatan.

Prasasti 2019 diharapkan dapat melibatkan pranata humas pemerintahan serta praktisi public relations (PR) perusahaan di Sumatera Selatan. Event yang digelar dalam rangka peringatan Hari Hak Asasi Manusia Internasional ini diramaikan mahasiswa dari enam negara yang kuliah di Universitas Bina Darma Palembang.

“Memasuki era digital, revolusi 4.0, public relation (PR) atau
hubungan masyarakat (humas) harus melakukan transformasi yang terus dikembangkan guna mendorong pemerintahan dan perusahaan agar mampu menjawab semua permasalahan dengan melakukan inovasi program dan/atau produk baru,” ungkap Dr Desy Misnawati SSos MIKom, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bina Darma Palembang, Jumat (5/12).

Menurutnya, event konsorsium ini terdiri dari empat kegiatan utama. Pertama, Pentas Teater “Wek-Wek” karya Anton Plavovic Chekov oleh mahasiswa pada Rabu (11/12). Kedua, Seminar dan Talkshow untuk menggeliatkan kreativitas mahasiswa sebagai SDM
andal yang menjadi garda terdepan memasuki revolusi industri 4.0. “Selain keynote speaker seminar Agung Laksamana yang juga ketua umum Perhumas Indonesia, kami juga mengundang pembicara lokal lain pada talkshow dan sharing komunikasi,” terang Desy.

Ketiga, Kompetisi dan Ekshibisi meliputi Kompetisi PR dan pameran produk kehumasan, bazaar, dan Lomba Pidato Bahasa Indonesia Internasional. “Terakhir, Anugerah Prasasti berupa pemberian penghargaan kepada pranata humas pemerintah dan
praktisi PR perusahaan,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, lanjut dia, pada momen tersebut akan dilakukan pelantikan Perhimpunan Hubungan Masyarakat (Perhumas) Badan Pengurus Cabang Palembang. “Kami mendapat mandat dari Perhumas Pusat untuk mengaktifkan BPC Palembang. Insya Allah tahun berikutnya Sumsel siap menjadi tuan rumah Konvensi Nasional Humas (KNH). Kami siap go international. Alhamdulillah Prodi Komunikasi UBD sudah terakreditasi A,” tutupnya.

Sebelumnya, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP dan Bahasa Universitas Bina Darma Palembang, Ayu Puspita Indah Sari MPd mengatakan, pihaknya menggelar Lomba Pidato Bahasa Indonesia Internasional untuk mahasiswa Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dalam konsorsium tersebut.

“Kami mendukung regulasi pemerintah tentang pemakaian bahasa Indonesia sesuai Peraturan Presiden No 63/2019 sebagai turunan UU 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara. Selain Bahasa dan Sastra Indonesia, prodi kami punya program unggulan lain. Di antaranya, seni pertunjukan drama/teater, pers/jurnalistik, kehumasan, dan BIPA. Melalui konsorsium ini banyak yg bisa kami kembangkan,” ungkapnya.(red/rel)

Share This: