Tonggak Membangun Komitmen Baru

PALEMBANG, SIMBUR – Sekitar 1.726 prajurit, PNS dan Persit mengikuti Syukuran HUT Ke-74 Kodam II/Swj Tahun 2020 dan HUT Kowad Ke-58 Tahun 2019. Kegiatan digelar di Lapangan Apel Makodam II/Sriwijaya, Selasa (7/1).

Kegiatan diawali menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjutkan persembahan Tari Tanggai dari Sanggar Tari Kencana Pimpinan PNS Sari Rosalina dari Bintaldam II/Swj dan Sambutan Pangdam II/Swj.

Dalam sambutannya, Pangdam II/Swj, Mayjen TNI Irwan SIP MHum mengatakan sehubungan dengan hari ulang tahun tersebut, selaku Pangdam II/Swj dan pribadi, dirinya mengucapkan selamat ulang tahun dan selamat berbahagia kepada segenap prajurit dan PNS Kodam II/Swj  di mana pun  bertugas  dan  berada. Disertai ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan tugas, peran dan pengabdian selama ini.

“Semoga peringatan hari ulang tahun ini, menjadi momentum untuk melakukan refleksi, introspeksi dan mawas diri atas pelaksanaan tugas kita setahun lalu. Sekaligus sebagai tonggak baru untuk membangun komitmen baru yang lebih segar guna menghadapi tugas-tugas di masa mendatang. Selanjutnya, berkenaan masih dalam suasana Natal dan Tahun Baru 2020, saya juga mengucapkan selamat Natal bagi yang merayakannya dan selamat Tahun Baru 2020 bagi  semua,” ungkap Pangdam.

Dikatakannya pula, perjalanan panjang pengabdian Kodam II/Swj yang penuh tantangan dan dinamika, telah memasuki usia ke-74, dapat dilalui dengan baik. Tentunya harus disadari bahwa semua ini karena adanya rahmat  perlindungan dari Allah SWT, Tuhan Yang Mahakuasa.

“Untuk itu pada momentum hari yang bersejarah ini, tanpa mengurangi maknanya, kita melaksanakan acara syukuran secara sederhana, namun tetap khidmat dan penuh rasa syukur. Kita   berharap ke depan Kodam II/Swj akan mampu mengemban tugasnya dengan lebih baik dan lebih sukses, senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran, sehingga wilayah Sumbagsel akan semakin aman, kondusif dan sejahtera,” ungkapnya.

Masih kata Pangdam, sebagaimana dipahami, wilayah tugas yang menjadi tanggung jawab Kodam II/Sriwijaya demikian luas, meliputi lima provinsi dengan dimensi tantangan tugas yang beragam, kompleks dan sarat dengan dinamika permasalahan dalam segala aspek kehidupan. “Menyikapi kondisi tersebut, maka setiap prajurit dan satuan Kodam II/Swj, dituntut untuk senantiasa meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap setiap perkembangan situasi yang terjadi. Dengan begitu, secara dini dapat mengantisipasi setiap gangguan dan ancaman yang mungkin timbul,” ungkapnya.

Pangdam menambahkan, setiap prajurit dan PNS Kodam II/Swj harus senantiasa mengobarkan semangat keprajuritan yang dilandasi nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta Panca Prasetya KORPRI. Pegang teguh komitmen jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang dan Tentara Nasional yang profesional sehingga bersama-sama  dengan rakyat akan menjadi semakin hebat dan kuat, terus tingkatkan pembinaan teritorial, dalam bingkai semangat kemanunggalan TNI rakyat dengan senantiasa menjalin komunikasi, koordinasi dan sinergitas dengan berbagai komponen bangsa lainnya. Hal ini sejalan dengan tema yang diangkat pada HUT kali ini, yaitu Bersama Rakyat Kodam II/Swj Kuat, Hebat dan Profesional.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini juga, saya mengucapkan selamat dan bangga kepada segenap Prajurit Kowad di jajaran Kodam II/Swj. Pada hari ini juga tengah memperingati hari jadinya yang ke-58, dengan tema,  Kowad Profesional TNI AD Kuat. Saya berharap tema tersebut dapat menjadi pemicu semangat dan tekad untuk mempersembahkan karya-karya terbaik anggota Kowad dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI Angkatan Darat dan Kodam II/Swj. Buktikan bahwa prajurit Kowad benar-benar mampu tampil secara profesional, mandiri dan berkepribadian,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Pangdam, dalam setiap pelaksanaan tugas, dia berharap setiap anggota Kowad agar selalu berpegang teguh pada kode etik Kowad yaitu, Sad Satya Sri Sena yang mencerminkan kebersihan, kesucian hati dan kesederhanaan. “Serta mencerminkan sikap, kepribadian dan tekad pengabdian dengan karya-karya yang terbaik bagi Angkatan Darat,” harapnya.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mengatakan, Melalui kegiatan seperti ini  diharapkan sebagai sarana untuk menguatkan kembali ikatan tali silaturahmi dan juga ikatan persaudaraan di tengah kesibukan dalam menjalankan tugas dan kewajiban masing-masing. “Dengan jalinan silaturahmi ini mari semua membangun Sumatera Selatan Maju untuk Semua dalam rangka mensejahterakan rakyat. Sekali lagi atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, saya mengucapkan terima kasih kepada semua  yag telah mensukseskan acara ini,” ungkapnya.

Menurutnya, Kegiatan ini sangat bermanfaat terutama untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai agama Islam. “Hal ini dapat meningkatkan ketakwaan  kepada Allah swt, sekaligus mampu mendorong bangkitnya motivasi kita dan seluruh masyarakat untuk memberikan karya dan prestasi terbaik yang bisa dikontribusikan bagi kemajuan bangsa,” pungkasnya.

Sementara itu, tokoh nasional dan anggota Watimpres Maulana Al – Habib Muhammad Luthfi Ali bin Yahya (Abah Luthfi) dalam ceramah kebangsaan Abah Lutfhi menyampaikan,  dirgahayu Kodam II Sriwijaya yang ke-74 tahun. Dia juga menegaskan pentingnya sinergitas TNI – Polri dengan pemerintah Daerah. “Jangan pernah melupakan jasa para pahlawan  terdahulu serta menjaga keutuhan NKRI,” imbaunya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada prajurit berprestasi, persembahan lagu dari Sriwijaya Voice, prosesi pemotongan tumpeng dan acara ramah tamah yang dipandu oleh MC Cek Daus dan Yai Najib.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Mayjen TNI Irwan, S.IP, M. Hum Pangdam II/Swj, Brigjen TNI Syafrial, Psc, M.Tr (Han) Kasdam II/Swj Kasdam II/Swj, Kolonel Inf Yusman Madayun Irdam II/Swj, Para Danrem Jajaran Kodam II/Swj, Kolonel Inf Tri Rana Subekti, S.Sos, MM Danrindam II/Swj, Para Staf Ahli Pangdam II/Swj, Asrendam II/Swj dan Para Asisten Kasdam II/Swj serta LO TNI AL dan AU Kodam II/Swj, Dan/Ka Bakakdam II/Swj, Para Dandim Jajaran Kodam II/Swj dan Para Danyon Satpur dan Satbanpur, Letkol Ckm (K) Ariani, S.Psi Pakor Kowaddam II/Swj, Ketua Persit KCK PD II/Swj, Pimpinan BUMN dan BUMD Se-Sumsel (Dirut dan Genderal Meneger), Pimpinan Cabang Bank Negara dan Swasta  Kota Palembang, Elvin Halim Branch Pimpinan Arta Graha Cabang Palembang. Sementara, PJU Polda Sumsel  antara lain  Irwasda, Dir Krimum, Dir Krimsus, Dir Narkoba, Dir Polairud, Dir Binmas dan Kabid Propam.(kbs)