Tiga Pasien Isolasi Mandiri di Prabumulih Dievakuasi, Satu Pasien Positif Sembuh di RSMH Palembang

PALEMBANG, SIMBUR – Tiga pasien positif Covid-19 di Prabumulih yang diisolasi mandiri di rumah akhirnya dievakuasi ke Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Sabtu (4/4). Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih,
dr Happy Tedjo. “Bukan dijemput. Tapi kami yang mengevakuasi ke RSMH Palembang. Kalau dijemput, dari sana (Palembang) yang datang ke sini,” ungkap Happy kepada Simbur, Sabtu (4/4).

Menurut dia, ketiga pasien tersebut diketahui positif Covid-19 tanpa gejala. Pasien kasus 09 berinisial M, kasus 10 inisial AR, dan kasus 11 inisial Nj. Ketiganya terkait dengan kasus 02 inisial ES yang telah meninggal dunia pada 23 Desember lalu. “Supaya masyarakat tidak resah. Pasien positif yang seharusnya dirumahkan, lebih baik dirawat di rumah sakit (RSMH). Karena di sini (Prabumulih) masyarakat resah,” ungkapnya.

Diungkapkannya, jika pasien kasus 09 dihebohkan sempat pergi keluar rumah. Dia menambahkan bahwa pasien kasus 09 tersebut tadinya masih melakukan protap isolasi mandiri. “Sebenarnya protap di rumah tapi karena masyarakat resah terpaksa akan dipindahkan ke rumah sakit,” bebernya.

Ditanya soal Prabumulih sudah masuk zona merah, Happy menjelaskan, sejauh ini kasus penularan di Prabumulih hanya terkonsentrasi di sekitar lingkungan keluarga. Ditegaskannya, penularan Covid-19 di Kota Prabumulih tidak meluas. “Zona merah kalau penularan lokal. Kami mencari lingkaran (penularan) pertama istri. Lingkaran kedua, keluarga. Lingkaran ketiga, orang yang dekat dengan pasien. Lingkaran keempat, rekan kerja,” terangnya.

Dirinya mengimbau agar masyarakat tidak panik. Dia jug mengimbau agar keluarga tidak mengucilkan pasien terdampak Corona. “Jangan mengucilkan keluarga yang positif. Kemudian. menjaga kesehatan, jaga jarak, jaga kebersihan diri dan rumah. Jangan lupa berdoa semoga (wabah ini) segera berakhir,” harapnya.

Informasi yang dihimpun, Tim PSC 119 Dinkes Kota Prabumulih pada Sabtu (4/4) sekitar pukul 10.00 WIB melakukan evakuasi warga yg terindikasi  positif Corona. Ketiga pasien tersebut tinggal di Jl RA Kartini/Jl Angola Kelurahan Prabujaya, Kecamatan Prabumulih Timur dan Jl Dempo Kecamatan Muara Dua, Prabumulih Timur. Sekitar pukul 10.45 WIB evakuasi selesai. Ketiga pasien dibawa ke RSMH Palembang menggunakan mobil ambulans nopol BG 8074 CZ.

Sementara itu, satu dari 12 pasien positif terjangkit Covid-19 yang telah menjalani perawatan di RSMH Palembang dinyatakan sembuh. Kabar tersebut diketahui saat Pemprov Sumsel menggelar video conference, Sabtu (4/4) petang.

Juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Sumsel Zen Ahmad mengatakan, pasien yang sembuh tersebut merupakan pasien nomor 12 yang tercatat sebagai warga Palembang.

Pasien perempuan tersebut sebelumnya dinyatakan positif setelah dilakukan pemeriksaan pada Jumat (3/4) kemarin. “Pasien yang sembuh ini adalah pasien yang diumumkan positif kemarin. Saat itu pasien langsung dilakukan perawatan di RSMH,” kata Zen.

Namun, lanjutnya, setelah dilakukan perawatan dan uji spesimen sebanyak dua kali, pasien tersebut dinyatakan negatif Covid-19. “Sudah kami lakukan perawatan dan uji spesimen. Hasilnya pasien tersebut negatif. Pasien tersebut besok sudah kita perbolehkan pulang,” terangnya.

Saat ini terkonfirmasi ada 12 pasien positif Covid-19 di Sumsel, dimana dua diantaranya meninggal dunia, dan satu dinyatakan sembuh. Untuk diketahui, di Sumsel ada 1.525 orang yang berstatus ODP. Dimana 472 dinyatakan sehat, sementara 1.055 masih dilakukan pemantauan. Sedangkan PDP berjumlah  44 orang dan 24 orang sudah selesai pengawasan dan dinyatakan negatif Covid-19.(kbs)

Share This: