Wali Kota Paparkan Kondisi Lubuklinggau Terkini

# Saat Kunker Komisi IV DPRD Sumsel

LUBUKLINGGAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau menerima kunjungan kerja (kunker) Komisi lV DPRD Provinsi Sumsel. Kunker tersebut digelar dalam rangka koordinasi pelaksanaan bantuan Gubernur Sumsel kepada kabupaten/kota. Di samping itu, kunker juga sebagai koordinasi pelaksanaan kegiatan OPD mitra kerja Komisi lV di wilayah Kota Lubuklinggau terkait pembahasan Nota Keuangan dan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019. Kegiatan berlangsung di Op Room Moneng Sepati,  Selasa (7/7/20).

Tiba di Pemkot Lubuklinggau, rombongan diterima langsung oleh Wali Kota, H SN Prana Putra Sohe  didampingi Ketua DPRD Kota Lubuklinggau,  H Rodi Wijaya dan Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani. Dalam paparannya di hadapan anggota Komisi IV DPRD Sumsel, Wako mengatakan ada beberapa yang ingin disampaikan terkait kondisi terkini di Kota Lubuklinggau.

Pertama berkaitan dengan Covid-19. Menurut Wako,  di Kota Lubuklinggau jumlah pasien yang positif terpapar Covid-19 sebanyak 98 orang. Hanya saja dari 98 itu yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 92 orang. Artinya tinggal tujuh orang lagi yang masih menjalani isolasi di Rumah Sehat Silampari (RSS) maupun isolasi mandiri di rumah masing-masing. “Saat ini Kota Lubuklinggau belum memasuki New Normal, tetapi sejumlah fasilitas umum (fasum) sudah dibuka untuk masyarakat. Hanya saja, tetap mengikuti prosedur protokol kesehatan,” katanya.

Wako juga mengungkapkan, dalam penanganan Covid-19, Pemkot Lubuklinggau telah mendirikan posko induk GTPP Covid-19 Kota Lubuklinggau yang berada di eks Perkantoran Pemkab Musi Rawas Taba Pingin yang kini telah menjadi aset Kota Lubuklinggau. Mengenai anggaran untuk penanganan Covid-19 di Kota Lubuklinggau sangat kecil, tetapi pemerintah semaksimal mungkin untuk mengatasi pandemi ini. Begitu pula dengan pendistribusian bantuan sembako kepada masyarakat juga berjalan lancar, aman dan kondusif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu, Ketua Komisi lV DPRD Provinsi Sumsel, Muhamad Ridho mengatakan, kegiatan kunker adalah amanah rapat dan rancangan anggaran APBD melalui bantuan Gubernur untuk Kota Lubuklinggau. Pada 2020, bantuan Gubernur untuk Pemkot Lubuklinggau sebesar Rp27 M, sedangkan bantuan melalui Dinas Perkim Sumsel berupa peningkatan jaringan kepipaan dan peningkatan akses jalan di Kelurahan Petanang.

Adapun anggota Komisi lV DPRD Provinsi Sumsel yang berkunjung ke Kota Lubuklinggau terdiri dari  RA Anita Noeringhati SH MH (koordinator/ketua DPRD Sumsel), Muhamad F Ridho ST MT (ketua Komisi IV), H Hasbi Asadiki SSos MM (wakil ketua Komisi IV), Nasrul Halim SH (sekretaris Komisi IV), Nadia Basjir SE, H David Hadrianto Aljufri SH, Ir H Zulfikri Kadir SH, Hj Meli Mustika SE MM, Maliono SH, H Efrans Effendi SH, Ir Holda MSi, M Oktafiansyah ST MM, Dr Ir H Syamsul Bahri MM, H Nopianto SSos MM, HM Subhan SE, H Askweni SPd, Junaidi SE, dan Rudi Hartono. (adv)

Share This: