Bahas Pungli di Dunia Pendidikan dan Sampaikan Laporan Masyarakat terhadap Kinerja Polisi

PALEMBANG, SIMBUR – Dua institusi negara, Ombudsman Perwakilan Sumatera Selatan dan Satgas Saber Pungli Sumatera Selatan bergandengan tangan. Kedua pihak menguatkan komitmen pengawasan pelayanan publik dalam mengawasi pungutan liar di sektor pelayanan publik. Hal itu terungkap dalam silaturahmi antarkedua institusi pada Selasa (21/7) di kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera, Jl Radio No 01 Palembang.

Rombongan Satgas Saber Pungli yang mendatangi kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, dipimpin langsung Ketua Satgas sekaligus Irwasda Polda Sumsel, Kombes Pol Drs M Indra Gautama didampingi oleh sejumlah pejabat dari Itwasda Polda Sumsel. “Kunjungan ini sebetulnya hanya silaturahmi biasa. Hanya saja dalam kesempatan tadi, pihaknya secara komperehensif membahas potensi pungutan liar khususnya dalam dunia pendidikan. Di samping menyampaikan data laporan masyarakat yang diterima oleh Ombudsman terkait kinerja kepolisian per tahun 2020,” ujar Adrian Agustiansyah, Kepala Perwakilan Ombudsman Sumsel.

Adrian menjelaskan jika persoalan pungutan liar khususnya di bidang pendidikan menjadi topik pembicaraaan yang cukup menarik dibahas bersama Ketua Satgas Saber Pungli tadi. Mulai kasus per kasus sampai pada modus operandi oknum penyelenggara pendidikan dalam melakukan pungutan liar dan kegiatan pungutan liar tersebut sudah meresahkan bagi masyarakat maupun wali murid yang turut mengalami langsung. “Sudah paham kalau punguatan dan sumbangan itu berbeda, masih saja mencari alasan pembenar,” tegas Adrian.

Adrian mengatakan, pada prinsipnya pungutan liar khususnya dalam dunia pendidikan masih menjadi musuh bersama bagi Ombudsman Sumatera Selatan dan Satgas Saber Pungli Sumatera Selatan. Karena itu, sudah seharusnya tindakan yang cukup meresahkan ini akan menjadi perhatian bersama untuk dibenahi. Bila perlu dilakukan tindakan tegas kedepan oleh penegak hukum.

“Selaku institusi yang diberikan amanah negara untuk melakukan pengawasan penyelenggaran pelayanan publik, Ombudsman berharap pertemuan yang dilakukan bersama dengan Satgas Saber Pungli di atas sebagai langkah awal yang baik untuk kedua instansi memperkuat komitmen dalam melakukan pemberantasan pungutan liar, khususnya dalam sektor pelayanan publik semakin baik”, tutupnya.(kbs)