Google News Initiative Kembangkan Pelatihan Global bagi Wartawan

PALEMBANG, SIMBUR – Google News Initiative (GNI) kembali merilis program terbarunya. GNI Live, sebuah program tutorial gratis dengan durasi waktu cukup panjang yang ditayangkan melalui Youtube. Tujuan program tersebut agar dapat membantu wartawan menemukan, memverifikasi, dan menyiarkan berita secara online.

Program ini dirancang karena Google memahami, di seluruh dunia wartawan bekerja tanpa mengenal lelah, menyampaikan informasi, mendidik, dan menghibur audiensnya. Mendukung pekerjaan wartawan saat pandemi, Google memperluas pelatihan global yang dapat membantu wartawan dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya. Dengan kata lain, pekerjaan wartawan lebih penting dari sebelumnya. Karena itu, Google mendukung wartawan memiliki misi untuk meningkatkan kualitas berita kepada masyarakat setempat.

“Kami percaya, pengetahuan dapat menjadikan kehidupan semua orang lebih baik. Ini merupakan misi utama Google. Misi para penerbit dan wartawan. Sederhananya, kita rajut masa depan bersama,” ungkap Sundar Pichai, CEO Google, dilansir dari portal resmi GNI, Rabu (29/7).

Diketahui, program pelatihan tersebut disampaikan tutor secara langsung dan interaktif melalui Youtube. Di mana tutor dapat menjawab pertanyaan wartawan yang bergabung dalam forum pelatihan. Fitur chat juga memberikan rasa puas bagi wartawan dalam tutorial tersebut. Mulai dari verifikasi, jurnalisme lingkungan, visualisasi data. Itu karena GNI Live mengerahkan semua peralatan Google. Sejauh ini host menggunakan bebagai bahasa seperti Jerman, Arab, Inggris,  Prancis, Spanyol, Belanda, Polandia, Korea, dan Jepang.

Di Australia dan Selandia Baru, GNI bekerja pertama kali dengan Draft News dan the Walkley Foundation untuk meluncurkan pelatihan secara langsung  bagi wartawan, termasuk melibatkan kemitraan yang tumbuh bersama Google.

Google juga mengadakan pelatihan GNI lainnya untuk mendukung kantor berita di Asia Tenggara selama masa pandemi Covid-19 berlangsung. Fitur kelas seperti Fact-Checking for Covid-19 Misinformation and Digital Tools for More Efficient Reporting dikemas dalam bahasa Inggris, Mandarin, dan Melayu. Di Vietnam Google juga menyiapkan sebuah webinar yang dapat diikuti lebih dari 100 organisasi media untuk saling berbagi, bagaimana produk tersebut dapat membantu media lokal. (kbs/gni)

Share This: