Uji Klinis Vaksin Covid-19 di Secapa, Kasad Kawal Inspeksi BPOM

JAKARTA, SIMBUR – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan kunjungan kerja ke Secapa-AD. Kunker dilakukan dalam rangka mendampingi inspeksi perwakilan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tentang uji klinis obat anti Covid-19, Selasa (28/7).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Kasad juga didampingi jajaran petinggi TNI AD, serta perwakilan Universitas Airlangga. Ada juga perwakilan dari Badan Intelijen Negara (BIN), yang menjadi bagian dari tim uji klinis obat anti-Covid-19.

Inspeksi ini BPOM diwakili Dr Lucia Rizka Andalusia sebagai Registrasi Obat dan Makanan BPOM. Dr Rizka juga menyampaikan inspeksi ini bertujuan untuk melaporkan secara langsung kepada Jenderal TNI Andika Perkasa.

“Jadi pada hari ini kami hanya menyatakan sudah selesai melakukan audit. Hasil audit atau inspeksi pun belum dikeluarkan. Itu persetujuan kepala badan hasil inspeksi tersebut. Akan tetapi, kami hanya mencocokkan apakah protokol yang dimintakan izin ke kami sesuai apa yang dikerjakan di Secapa AD,” ujar Dr Rizka.

Sementara, Kasad merespons baik laporan yang disampaikan secara langsung oleh Dr Rizka selaku Registrasi Obat Dan Makanan BPOM. “Terima kasih pokoknya. Kami all-out. Kami memang kebetulan punya pasien yang banyak. Makanya one stop bisa langsung selesai sekaligus memenuhi jumlah minimal dan di RSPAD per hari kemarin 83 pasien. Yang penting semuanya diketahui oleh Presiden dan Presiden juga sangat mendorong tiga hal ini. Plasma Konvalesen untuk obat ini dengan vaksin beliau sangat mendorong sekali dengan apa yang kami lakukan,” pungkas Kasad.(red/rel)

Share This:

Posted in TNI