Mutasi dan Promosi 181 Perwira Tinggi TNI Menyasar Pangdam II/Sriwijaya

# Termasuk Pangkostrad dan Dua Pangdam Lainnya

PALEMBANG, SIMBUR – Mutasi besar-besaran kembali terjadi di tubuh TNI. Kali ini sebanyak 181 perwira tinggi berpindah tugas. Salah satunya menyasar Pangdam II/Sriwijaya. Mayjen TNI Irwan SIP MHum yang menjabat Pangdam II/Sriwijaya digantikan Mayjen TNI Agus Suhardi yang saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Kasad. Sementara, Mayjen TNI Irwan dipercaya mengemban tugas baru sebagai Perwira Ahli TK III Kasad Bid Ekkudag (Orgas baru) di Mabesad.

Menurut Kabidpenum Puspen TNI, Letkol Sus Aidil, mutasi dilakukan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/588/VII/2020 tanggal 27 Juli 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. “Telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 181 perwira tinggi (pati) TNI terdiri 76 pati jajaran TNI Angkatan Darat, 82 pati jajaran TNI Angkatan Laut, dan 23 pati jajaran TNI Angkatan Udara,” ucap Aidil dalam siaran pers, Selasa (28/7) lalu.

Dijelaskannya, mutasi tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier. “Selain mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” ungkapnya.

Selain Pangdam II/Sriwijaya, mutasi juga menyasar Pangdam Jaya dan Pangdam Mulawarwan. Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono digantikan Mayjen TNI Dudung Abdulrahman. Sementara, Mayjen TNI Eko Margiyono mengisi jabatan baru sebagai Pangkostrad yang sebelumnya dijabat Letjen Harto Karyawan.

Selanjutnya, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto digantikan Mayjen Heri Wiranto yang sebelumnya menjabat Asisten Personel Kepala Staf Angkatan Darat (Aspers KSAD). Sementara, Mayjen TNI Subiyanto menempati jabatan baru sebagai Perwira Ahli Tingkat III KSAD Bidang Kesejahteraan Personel (organisasi baru).

Sementara itu, Mayjen TNI Irwan sendiri diketahui telah melakukan silaturahmi sekaligus berpamitan kepada DPRD Sumsel. Kunjungan tersebut disambut Ketua DPRD Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati SH MH. “Kodam II/Swj selama dipimpin Mayjen TNI Irwan telah menjalin kerja sama dan mendukung setiap program pembangunan yang ada di Provinsi Sumsel,” kata Anita Noeringhati, dilansir dari situs resmi Kodam II/Sriwijaya, Rabu (29/7).

Kendati sudah tidak bertugas lagi di Sumsel, lanjut dia, jalinan silaturahmi dan sumbangan pemikiran dari Mayjen TNI Irwan tetap diharapkan. Tentunya demi kemajuan pembangunan seperti yang selama ini selalu dilakukan saat menjabat Pangdam II/Swj. “Semoga bisa lebih sukses di tempat yang baru. Walau tidak di Palembang lagi, tetap jalin komunikasi. Saya berharap tetap ada sumbangan pemikiran yang sekiranya dapat mendukung program pembangunan agar Sumsel bisa lebih maju lagi,” ujarnya.(red/swj)

Share This:

Posted in TNI