Kajian Terbaru Cision bagi Praktisi Humas, Cara Efektif Menyusun Rilis Berita saat Kondisi Normal Baru

HONG KONG, SIMBUR – Cision kembali menerbitkan laporan berjudul “State of the Press Release”. Kajian baru tersebut memaparkan sejumlah praktik terbaik dalam menyusun rilis berita dan analisis tentang dampak Covid-19 bagi praktisi kehumasan.

Dalam risetnya, Cision mengkaji lebih dari 100.000 rilis berita di Amerika Serikat yang diedarkan lewat jaringan distribusi PR Newswire antara Juni 2019-Mei 2020. Laporan ini melengkapi kajian Cision “2020 State of the Media” yang diterbitkan pada April lalu. Hasil survei mengungkapkan cara praktisi kehumasan untuk menjangkau media dengan lebih baik.

“Laporan ‘The State of the Press Release’ menjadi konten bermanfaat dari Cision untuk praktisi kehumasan di tengah kondisi (normal) baru ini,” ujar Lucie Vietti-Curtis, Director, Content and Comms, Cision.

Lucie menambahkan, rilis berita sangat berguna dalam menghadapi kondisi tersebut. Sebab, para pelaku usaha mencari metode yang lebih terpercaya untuk menyebarkan informasi penting. “Cara mengukur efektivitas rilis berita juga semakin menjadi aspek utama bagi para pelanggan kami. Dengan tolok ukur tersebut, para pelanggan bisa mencermati strategi media secara keseluruhan sehingga mereka dapat bekerja lebih baik lagi,” jelasnya.

Laporan “The State of the Press Release” mengulas sejumlah topik tentang praktik-praktik terbaik. Di antaranya, waktu yang tepat untuk menerbitkan rilis berita, cara meningkatkan jangkauan rilis berita, memantau audiens, hubungan investor, dan standar rilis berita.

Diiungkap, ada beberapa temuan penting tentang dampak Covid-19 terhadap rilis berita. Sekitar 48% rilis berita yang diedarkan PR Newswire dari Maret-Mei 2020 menyebutkan Covid-19. Dibandingkan 2019, jumlah rilis berita pada kategori pariwisata menurun 36%, sementara, jumlah rilis berita tentang pengendalian penyakit menular melonjak drastis, yakni 3.140%. Jumlah rilis berita tentang tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan meningkat 54%, dan jumlah rilis berita tentang keselamatan publik juga meningkat sebesar 66%.

Laporan “State of the Press Release” dari Cision disusun berdasarkan data yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Termasuk Google Analytics dan Visibility Reports, perangkat lunak pemrosesan rilis berita yang dimiliki Cision. Cision juga akan mengadakan webinar yang mengulas laporan tersebut. (kbs/prnewswire)

Share This: