Panen Raya Selamatkan Ekonomi Sumsel, Gubernur: Proyek Jalan Terus

PALEMBANG, SIMBUR – Panen raya di bidang pertanian menjadi salah satu penyelamat pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumatera Selatan. Hal itu diungkap Kabid Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Provinsi Sumsel, Tri Ratna Dewi SSi MM.

“Masih tertolong di sumber daya alam yang kita punya. Pertanian masih bagus. Pertanian itu ada panen raya. Jadi itu benar-benar menolong pertumbuhan ekonomi. Kalau tidak terbantu oleh sumber daya alam, mungkin akan lebih terdampak lagi. Semuanya terkontraksi untuk wilayah Sumatera untuk Yoy nya, kalau c to c masih positif c to c itu 1,75 persen kumulatif,” ungkap Tri Ratna Dewi belum lama ini.

Meski dihantam pandemi, pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumsel pada Semester I 2020 masih tercatat yang tertinggi di Pulau Sumatera. Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Sumsel Semester I 2020 ( c to c) tercatat sebesar 1,75%. Meski terkontraksi sebesar -1,37% secara year on year, dan terkoreksi sebesar -2,3% dibandingkan kuartal sebelumnya namun secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Sumsel sebesar 1,75% masih menjadi yang tertinggi dibandingkan 9 Provinsi lain di Sumatera. “Pertumbuhan ekonomi Provinsi Sumatera Selatan selama semester I-2020 mencapai 1,75 persen (c-to-c),” jelas Tri Ratna.

Ia menguraikan, ekonomi Provinsi Sumatera Selatan triwulan II-2020 terhadap triwulan sebelumnya mengalami kontraksi sebesar 2,30 persen (q-to-q). Dari sisi produksi, penurunan terbesar disebabkan oleh kontraksi pada Lapangan Usaha Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum sebesar 22,19 persen.

Sementara,.Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan penurunan itu tidak hanya terjadi di Sumsel tapi hampir di semua daerah. “Kuncinya ke depan kami akan berupaya menjaga semangat para pelaku usaha. Mulai dari produsen hingga ke marketing sehingga buyersnya dijaga agar mereka tetap tumbuh. Artinya aktivitas ekonomi tidak boleh berhenti namun protokol kesehatan tetap selalu kita kedepankan,” ungkapnya

Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi padaTriwulan III nanti, Herman Deru mengaku, telah menyiapkan beberapa strategi. Salah satunya menggandeng instansi yang ada di pemda maupun yang vertikal untuk membelanjakan uang sebanyak-banyaknya. “Maka proyek tidak ada yang boleh stop, tetap jalan terus. Bantuan langsung seperti (KUR) kami sudah dorong terus, sudah terjadi peningkatan semula 30% sekarang sudah mendekati 40% tersalurkan,” tutupnya.(kbs)